Advertisement

Pengertian dan Fungsi Lambung



Pada kesempatan ini, saya akan membahas sedikit tentang ventrikulus atau lebih kita kenal dengan nama “lambung” yang merupakan salah satu alat pencernaan makanan pada manusia. Kira-kira dimana ya letak lambung pada manusia? Untuk menjawab pertanyaan itu mari kita bercermin sejenak.  Kemudian coba sobat perhatikan bagian kiri dari rongga perut sobat,tepatnya sebelah kiri di bawah sekat rongga badan. Disitulah letaknya lambung, Lambung ini terbagi lagi menjadi 4 bagian,yaitu:

  • Pada bagian atas ada kardia yang merupakan pintu masuk makanan dari kerongkongan
  • Kemudian di baagian tengah terdapat fundus yang bentuknya membulat Lalu setelah bagian fundus terdapat badan lambung 
  • Dan Pada bagian bawah terdapat pilorus yaitu daerah yang berhubungan dengan usus halus (duodenum).


      Untuk mengetahui bagaimana letak pada bagian-bagian lambung tersebut silahkan sobat lihat gambar di bawah ini.

      Letak bagian-bagian Lambung


      Makanan yang masuk dari mulut, saat sampai di lambung langsung dicerna secara kimiawi (prosesnya berlangsung selama beberapa jam). Terdapat dua klep (sfinger) di kedua ujung lambung yang berfungsi menjaga makanan agar tetap berada di dalam lambung. Dinding lambung tersusun dari tiga lapisan otot, yakni otot melingkar, memanjang, dan menyerong. Kontraksi dari ketiga gerak otot tersebut menyebabkan terjadinya gerak peristaltik (gerak menggelombang). Lalu apa dong fungsinya otot-otot pada dinding lambung ini? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan yang tersirat di dalam benak sobat. Baiklah, saya akan menjelaskannya, Otot-otot yang menyusun dinding lambung akan memabantu memecahh makanan menjadi ukuran yang lebih kecil lagi, lalu saat ketiganya berkontraksi dan terjadi gerak pristaltik, makanan akan diaduk-aduk sehingga bercampur dengan getah lambung yang disekresikan oleh dinding lambung. Nah lho, darimana datangnya getah lambung ini? Tenang aja sobat, getah lambung ini tidak muncul begitu saja, Getah lambung ini dihasilkan oleh jaringan epitel yang menyusun lambung, dan sifat getah ini sangat asam (pH = 2). Getah lambung terdiri dari :
      Air
      Asam Lambung yang berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin.
      Enzim Pepsin yang berfungsi menghidrolisis protein menjadi molekul-molekul peptida.
      Enzim Renin yang berfungsi mengubah keseinogen menjadi kasein.
      Enzim Lipase yang berfungsi mengubah trigliserida menjadi asam lemak dan protein.


        Masih penasaran kah sobat apa dampak dari kerja enzim-enzim tersebut? Atau bagaimana cara bagian-bagian lambung ini bekerja, dan berapa lama mereka bekerja? Jika rasa penasaran itu benar adanya, maka silahkan terus baca postingan ini, tingga sedikit lagi kok J.

        Makanan yang datang tadi akan berubah menajdi bubur di dalam lambung, jangan bingung sobat, ini terjadi karena hasil dari kerja enzim dan pelumatan oleh otot lambung, makanan yang telah menjadi bubur ini disebut Chyme (kim). Sekarang yang berperan untuk melanjutkan proses pencernaan itu adalah bagian pilorus yang mengatur pengeluaran kim sedikit demi sedikit ke dalam duodenum. Caranya, otot pilorus yang mengarah ke lambung akan relaksasi (mengendur) jika tersentuh kim yang bersifat asam. Sebaliknya, otot pilorus yang mengarah ke doudenum akan berkontraksi (mengerut) jika tersentuh kim. Dengan cara ini makanan melewati pilorus segumpal demi segumpal meuju ke duodenum sehingga makan dapat tercerna secara efektif. Setelah sampai 2 sampai 5 jam, lambung kembali kosong, dan memulai prosesnya kembali saat kita juga mengisi perut kembali (makan maksudnya).
                 
        Nah bagi sobat yang lapar gara-gara membaca postingan ini, silahkan makan dulu agar lambung kalian ikut bekerja. Sehingga kalian masih betah baca postingan di softilmu.blogspot.com ini, walaupun masih banyak kekurangan di blog ini sih. Tapi apa salahnya untuk sekedar membaca agar ilmu pengetahuan kita bertambah, mungkin disinlah kalian menemukan pengetahuan yang berguna. Jika ada pertanyaan atau saran yang berhubungan dengan postingan kali ini silahkan isikan di kolom komentar, agar kita bisa diskusi di sini.

        0 komentar:

        Post a Comment