Pengertian dan Objek Studi Sosiologi



Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan manusia dengan lingkungannya. Pada postingan Pengertian dan Penjelasan tentang sosiologi ini, akan ada banyak hal yang  saya bahasadalah tentang Pengertian sosiologi, sejarah lahirnya sosiologi, dan objek studi sosiologi. Agar lebih paham pada beberapa pokok pembahasan tersebut, alangkah lebih baik jika sobat mau membaca penjelasan ini sejenak. Sosiologi merupakan ilmu yang relatif baru jika dibandingkan dengan ilmu lainnya (seperti fisika,biologi,geografi, dan lainnya). Ilmu sosiologi ini dikembangkan oleh Auguste Comte dari Prancis. Tidak seperti illmu lainnya, sosiologi membatasi pengkajian terhadap objek kajiannya (yaitu masyarakat) agar tidak memperoleh hasil penelitian yang tidak dapat dibuktikan. Setelah kita tahu sedikit tentang sosiologi, saya harap pikiran sobat terus memacu mata sobat semua agar terus berada di softilmu.blogspot.com ini.baiklah langsung saja ke pkok pembahasan.
Pembahasan Sosiologi

A.Pengertian Sosiologi
Sosiologi berasal dari dua kata yaitu kata socious (bahasa latin) yang artinya teman dan logos (bahasa yunani) yang berarti kata, perkataan atau pembiacaraan.Wah sosiologi ternyata punya darah campuran nih (makin menarik aja). Sedangkan secara harfiah, sosiologi berarti berbicara mengenai masyarakat.

Selanjutnya mungkin sobat ingin tahu apa pendapat para ahli tentang sosiologi ini. Baiklah saya akan menyinggung ke sana juga (tapi cukup 3 pendapat aja ya).

Pertama pendapat Ensiklopedia Ilmu Sosial, sosiologi dapat didefinisikan sebagai studi ilmiah tentang masyarakat dan tentang aspek kehidupan manusia yang diambil dari kehidupan dalam masyarakat.

Kemudian pendapat dari orang yang mengembangkan ilmu ini, ya, Auguste Comte. Menurutnya Sosiologi adalah ilmu yang terutama mempelajari manusia sebagai makhluk yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup dengan sesamanya. Kok terlalu singkat ya menurut dia? Mungkin maksudnya begini nih sobat, sosiologi mempelajari segala aspek kehidupan bersama yang terwujud dalam asosiasi-asosiasi, lembaga-lembaga, dan peradaban.

Yang terakhir pendapat dari ahli di Indonesia, Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi. Mereka mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial, proses sosial dan perubahan sosial.Nah, itulah ketiga pendapat para ahli tentang sosiologi, jika sobat masih bingung jangan ragu untuk menanyakan hal yang meragukan itu di kolom komentar. Pembahasan selanjutnya adalah..

B.Sejarah Lahirnya Sosiologi
Benih-benih akan lahirnya ilmu sosiologi ini muncul pertama kali di Etopia. Hal ini terjadi karena masyarakat muai menyadari adanya perubahan-perubahan dalam perkembangan hidup mereka, khususnya masyarakat Eropa.Pada abad ke-19 banyak peristiwa besar yang terjadi sehingga memicu lahirnya masyarakat yang baru.

Akibat perkembangan pola pikir dari masyarakat tersebut, pada tahu 1839 ilmu sosiologi muncul pertama kali pada keterangan sebuah paragraf dalam pelajaran ke-47 Cours de la Philosophie (kuliah filsafat) karya Auguste Comte. Walaupun pelopornya berasal dari Prancis, namun perkembangan sosiologi tersebar pada berbagai wilayah di eropa, sehingga melahirkan mazhab-mazhab yang menunjukan adanya perkembangan intelektual masyarakat baru tadi. Beberapa mazhab tersebut adalah mazhab Prancis yang ditandai dengan personalitas Emile Duekheim melalui pendekatan yang objektif dengan menggunakan model ilmu pengetahuan alam; mazhab Jerman, yang membedakan antara ilmu pengetahuan alam dengan ilmu pengetahuan kejiwaan, dalam penjelasan, serta cakupannya; mazhab Amerika yang lebih dikenal sebagai Mazhab Chicago bertujuan untuk menginterferensi dan membahas permasalahan yang konkret secara empiris dengan membangun laboratorium, melakukan penelitian, sampai mempublikasikan buku-buku dan majalah. Dari tempat-tempat lahirnya sosiologi (yaitu Prancis, Jerman, dan Amerika) cukup banyak tokoh perintis  yang memulai langkahnya untuk ilmu penggetahuan ini.

C.Objek Studi Sosiologi
Seperti dalam penjelasan saya pada pendahuluan, objek kajian sosiologi adalah hubungan masyarakat dengan lingkungannya, baik antar manusia maupun dengan hal lain di sekitarnya. Secara umum, sosiologi dapat dikategorikan dalam tiga tahapan studi, yaitu sifat dasar dan perkembangan manusia ; interaksi manusia dan hubungannya ; serta penyesuaian secara bersama dengan lingkungan.

Nah, setelah membaca postingan ini secara menyeluruh apah sobat sudah puas mengenai penjelasannya? Jika belum silahkan luapkan ketidakpuasan sobat dalam bentuk kata-kata yang baik dan sopan dalam kotak komentar. Memang artikel ini masih banyak kekurangannya namun inilah usaha saya untuk bisa berbagi dengan sobat semuanya. Jadi jika sobat berbaik hati walaupun untuk menghibur hati saya, terus kunjungi softilmu.blogspot.com. Agar blog ini bisa terus maju.

25 komentar:

  1. Thanks, ngebantu tugas banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering2 mampir lagi mbak :D
      wkwkwk

      Delete
  2. Replies
    1. sama-sama gan
      sering sering mampir ye :D

      Delete
  3. Berarti ilmu sosiologi itu ratunya ilmu sosial dong ya..dan jabatannya lebih atas dengan ilmu astronomi, biologi dan ilmu alam lainnya...hehe

    ada astronomi,biologi dll karna ada ilmu sosiologi yang menjelaskan semua peradaban dan perubahan-perubahan di lingkungan manusia

    jadi aku ada kalian ada...hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk
      Bisa jadi bisa jadi sist, tapi tergantung pemikiran seseorang juga sih :))

      Delete
  4. bisa", bisa jdi, petimbangan bwt masuk PTN... (Y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. (y) sering sering mampir sist :))

      Delete
  5. oo..begitu ya maksudnya, trimaksih sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi bisa jadi gan :DD
      sama-sama :))

      Delete
  6. tereimakasihh sangatt membantu sekalii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih atas kunjungannya :)

      Delete
  7. ulasan yang bagus dan bermanfaat buat para pembaca.. ikut menyimak gan n semoga sukses didunia blogging, salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jika bisa bermnfaat gan
      terimakasih, salam kenal juga :)

      blog indoza.com juga tidak kalah bagusnya ga ^^

      Delete
  8. oouh that the meaning about sociology thanks for making this.

    ReplyDelete