Pengertian Molekul Kimia



Molekul merupakan pengetahuan yang terikat dengan atom. Hubungan molekul dan atom sangat erat. Bahkan setiap ada molekul pasti akan ada atom. Mengapa demikian? Begini sobat, atom-atom sangat jarang ditemukan berdiri sendiri, karena biasanya atom-atom tersebut melekat, atau saling mengikat, satu sama lain. Nah, pengertian dari molekul itu sendiri adalah sekelompok atom yang terikat satu sama lain dan membentuk bagian terkecil dari suatu zat atau senyawa yang biasanya bberdiri sendiri. Sama seperti atom, molekul masih terlalu kecil untuk bisa kita lihat dengan mata telanjang. Pada postingan kali ini saya akan mengangkat tema tentang molekul ini sobat, beberapa hal yang akan saya bahas adalah tentang kulit dan ikatan, molekul air, rumus-rumus kimia, dan model-model molekul.Baiklah langsung saja ke topiknya.

Molekul
A.Kulit dan Ikatan
Atom memiliki kulit yang diisi dengan elektron-elektron. Kulit pertama atom dapat diisi dengan dua elektron, kulit kedua, dan ketiga dapat diiisi dengan delapan elektron, meskipun beberapa atom dapat memiliki sampai 18 elektron pada kulit ketiganya. Ketika sebuah kulit sudah penuh, elektron-elektron akan memulai kulit baru, sebuah atom disebut stabil apabila isi kulit terluarnya sudah penuh

Atom-atom saling berikatan agar menjadi stabil, atom-atom tersebut melakukannya dengan cara berbagi elektron bisa disebut dengan memberi atau mengambil elektron-elektron dari atom lain, sehingga isi elektron di kulit terluar mereka bisa penuh, dan mereka memenuhi syarat untuk stabil.Contohnya dua atom hidrogen yang berikatan akan membuat elektron di kulit terluar mereka terisi penuh, yaitu masing-masing memiliki 2 eletron di kulit yang pertama.Lihat gambar di bawah:
Molekul H2

Contoh lainnya adalah molekul air, yang terdiri dari dua buah atom yang berbeda, yaitu hidrogen dan oksigen. Dua atom hidrogen berbagi elektron dengan atom oksigen, jadi masing-masing kulit memiliki elektron yang lengkap. Atom oksigen menggunakan dua elektron (satu dari masing-masing atom hidrogen) untuk melengkapi kulit terluarnya sendiri. Sehingga semua atom menjadi stabil. Jika sobat masih belum mengerti, saya akan berusaha menjelaskannya lebih mendetail.Seperti Tampak pada Gambar di bawah ini:
Molekul H2O

Atom oksigen memiliki enam elektron di kulit terluarnya. Sehingga atom oksigen itu membutuhkan dua elektron lagi untuk melengkapi kulit terluarnya tersebut dan menjadi stabil. Sedangkan masing-masing atom hidrogen memiliki satu elektron pada kulit luarnya, sehingga membutuhkan satu lagi agar keduanya menjadi stabil. Pada saat mereka berikatan atom hidrogen dan oksigen saling memberi juga saling mengambil, sehingga semuanya menjadi stabil dan kulit terluarnya memiliki elektron yang lengkap.

B.Rumus-Rumus Kimia
Sebuah simbol dapat mewakili nama dari sebuah atom, simbol ini disebut simbol kimia.Ini biasanya huruf pertama atau dua huruf pertama dari namannya dalam bahasa Inggris, Latin, atau Arab.Contoh
O      merupakan simbol untuk oksigen
Au      merupakan simbol untuk emas dari kata latin aurum
Fe      merupakan simbol untuk besi, dari kata latin ferrum
K        merupakan simbol untuk kalium, dari kata Arab

          Sebuah rumus kimia menunjukkan apa saja yang menyusun suatu zat dan proporsinya. Sebagai contoh, setiap molekul karbondioksida terdiri atas satu atom karbon dan dua atom oksigen, jadi rumus untuk karbon dioksida adalah CO2 . Angka 2 menunjukan berapa jumlah atom oksigen dalam molekul tersebut.

C.Model-Model Molekul
Ketika mempelajari tentang molekul, para ilmuan menggunakan model untuk penyajiannya. Ada dua tipe utama yaitu tipe bola dan batang juga model pengisian ruang.

Pada model bola dan batang, ikatan yang menyatukan atom-atom ditampilkan sebagai batang batang.Tampak seperti pada gambar:
Model Bola dan Batang

Sedangkan pada model pengisian ruang, atom-atom ditampilkan saling melekat.
Model Pengisian Ruang


Kedua model tersebut tidak menyerupai sebuah molekul sesungguhnya, tetapi merupakan cara sederhana untuk menggambarkan atom-atom yang menyusun molekul.

Demikianlah sajian saya yang bertemakan molekul, dengan pemahaman yang seadanya saya berusaha berbagi kepada sobat sekalian, walaupun masih banyak kekurangannya pasti ada manfaat yang dapat membuat ilmu pengetahuan kita semakin bertambah. Apabil sobat memiliki unek-unek tentang postingan kali ini, silahkan isikan kotak komentar, biar makin rame. Terimakasih telah berkunjung ke softilmu.blogspot.com yang merupakan blog sederhana tentang pengetahuan.

0 komentar:

Post a Comment