Advertisement

Klasifikasi dan ciri-ciri Kingdom Monera



Berdasarkan Klasifikasi Makhluk Hidup,Monera adalah Kingdom makhluk hidup yang tidak memiliki membran inti, biasanya disebut organisme prokariot.Meskipun tidak memiliki membran inti, kelompok monera memiliki bahan inti, seperti asam inti, sitoplasma, dan membran sel. Nah organisme yang tergolong ke dalam kingdom monera itu sendiri adalah Bakteri dan Alga Biru. Pada postingan dengan tema kingdom monera ini saya akan membahas tentang ciri dan perkembangbiakkan dari organisme yang tergolong ke dalam kingdom ini.Baiklah tidak usah berlama-lama, langsung saja ya.



1.BAKTERI
Bakteri adalah organisme prokariot yang hanya dapa dilihat dengan menggunakan mikroskop. Artinya sudah jelas, yaitu bakteri tidak dapat dilihat langsung oleh mata manusia.Dibawah ini adalah penjelasan tentang ciri, cara hidup, dan perkembang biakkan Bakteri.

A.Ciri-ciri Bakteri
Bakteri memiliki tubuh yang hanya terdiri dari satu sel dan berukuran sekitar 4-8 mikron. Sel bakteri memiliki berbagai bentuk, ada yang bulat(koskus), batang(basil), dan spiral(spirilum).


Meskipun berukuran kecil, jika berkelompok(berkoloni), bakteri akan terlihat. Contohnya di makanan basi, koloni bakteri tampak seperti lendir, percikan mentega atau percikan susu. Koloni bakteri ada yang berwarna kekuningan atau kemerahan dan ada juga yang berwarna putih.
Bentuk Bakteri

B.Cara Hidup Bakteri
Organisme yang termasuk ke dalam kingdom monera ini memiliki cara hidup yang berbeda-beda. Ada yang hidup dengan cara mengambil bahan organik dari lingkungannya (heterotrof), namun ada juga yang dapat berfotosintesis (autotrof). Tapi kebanyakan sih bakteri bersifat heterotrof, nah yang bersifat dari yang bersifat heterotrof tadi, ada yang sifatnya saprofit dan ada pula yang parasit.

Bakteri saprofit adalah bakter yang hidup bebas di alam dengan mengurai sampah, bangkai, serta kotoran.

Sedangkan bakteri parasit hidup di tubuh makhluk hidup lain dan merugikan inangnya.Berbagai penyakit manusia, tanaman, dan hewan disebabkan oleh bakteri parasit ini. Bakteri dapat menular melalui makanan,minuman melalui perantara atau melalu kontak langsung. Oleh karena itu saya sarankan kepada sobat untuk terus menjaga kesehatan dan kebersihan.

C.Perkembangbiakkan Bakteri
Perkembangbiakkan bakteri dapat terjadi secara kawin maupun tidak kawin. Perkembangbiakan tak kawin dilakukan dengan membelah diri. Pada pembelahan diri, satu sel membelah menjadi dua, kemudian menjadi empat, delapan, enambelas dan seterusnya.

Sedangkan kalau secara kawin, bakteri dapat berkembang biak dengan konjugasi. Caranya, dua sel yang berdekatan membentuk saluran konjugasi. Melalui saluran ini plasma dari sel yang satu mengalir ke sel yang lain.

Kesimpulannya

Tubuh bakteri terdiri dari satu sel, sebagian besar bakteri hidup secara sporofit atau parasit. Bakteri berkembangbiak dengan membelah diri dan kenjugasi.

2.ALGA BIRU (Cyanobacteria)
Alga biru tidak dimasukkan kedalam kelas protista seperti alga lainnya. Mengapa demikian? Karena ia merupakan organisme prokariot sama seperti bakteri. Sehingga digolongkan kedalam kingdom monera.

A.Ciri-ciri Alga Biru
Cyanobacteria sering disebut alga hijau-biru karena memiliki warna hijau kebiruan. Untuk memudahkan mengucapnya kita sebut saja alga biru. Alga ini dapat hidup di berbagai tempat dan keadaan, contohnya saja ada yang hidup di batu, tanah, kulit kayu, air tawar, bahkan air laut. Tubuhnya ada yang bersel satu, ada pula yang berupa untaian benang yang terbentuk dari beberapa sel. Sel alga biru tergolong ke dalam sel prokariot yang berklorofil. Oleh karena itu, ia dapat berfotosintesis dan mengahasilkan makanan sendiri (autotrof).

Alga Biru

B.Perkembangbiakan Alga Biru
Alga biru berkembangbiak dengan cara membelah diri dan fragmentasi. Alga yang bersel satu membelah diri dari satu menjadi dua, empat, delapan, dan seterusnya. Sedangkan Alga yang berbentuk benang memutuskan diri menjadi fragmen dan setiap fragmen dapat tumbuh menjadi individu baru. Contoh Alga biru antara lain Anabarna, Rivularia, Glorocapsa, dan Oscillatori.

Kesimpulannya

Tubuh Alga biru terdiri dari satu sel atau untaian sel seperti benang, berklorofil sehingga bersifat autotrof. Berkembang biak dengan membelah diri dan fragmentasi.

Akhirnya saya telah selesai mengenai tema kali ini yaitu “kingdom monera”. Sekarang giliran sobat deh buat kasih tambahan lewat kotak komentar yang ada di bawah.Sekalian kita kenalan gitu. Kalo ga di isi gapapa juga deh yang penting sobat udah berkunjung. Terimakasih atas kunjungannya, mudah-mudahan betah di softilmu.blogspot.com. Artikel kali ini semoga bermanfaat.

29 komentar:

  1. thanks informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan
      thanks juga udah berkunjung :)

      Delete
  2. Isi nya hampir persis kayak di buku.
    Lengkap nih.
    Maksih ya.

    ReplyDelete
  3. Thank You Bang !!

    ReplyDelete
  4. thanks banget ya.. :) :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan, semoga terus bermanfaat :)

      Delete
  5. sangat bermanfaat buat UTS besok. makasih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya bisa membantu gan :))

      Delete
  6. thanks gan jadi gampang nyari tugas nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. (y) semoga bisa terus ngebantu gan :))

      Delete
  7. Makasih penjelasannya, ngebantu banget :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga ilmu terus bermanfaat :)

      Delete
  8. makasih bro...

    ReplyDelete
  9. bisa dijelasin ga tentang Contoh pemanfaatannya? kan psti ada manfaat dari contoh-contoh MH di Monera>thx gan

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. THX banget yah. Presentasi besok untuk tugas per kelompok. Kami mengucapkan banyak terima kasih untuk infonya. Sangat bermanfaat. THX from Cathy, Vanessa, Kevin, & Nicholas. From: Kelompok Paramecium yang membahas tentang Kingdom Monera. THX too from kelompok MORENA...

    ReplyDelete