Pengertian dan Jenis-jenis Awan

Pengertian Awan, macam-macam awan, dan proses terbentuknya awan, itulah yang akan menjadi 3 point utama dalam postingan kali ini yang bertemakan tentang awan.Langsung saja ya...

Awan

A.PENGERTIAN AWAN
Awan adalah sekumpulan tetesan air/kristal es di dalam atmosfer yang terjadi karena pengembunan/pemadatan uap air yang terdapat dalam udara setelah melampaui keadaan jenuh.

B.PROSES TERBENTUKNYA AWAN
Udara selalu mengandung uap air. Apabila uap air ini meluap menjadi titik-titik air, terbentuklah awan. Peluapan ini boleh berlaku dengan cara :
  • Apabila udara panas, lebih banyak uap terkadung di dalam udara karena air lebih cepat menyejat. Udara panas yang sarat dengan air ini akan naik tinggi, hingga tiba di satu lapisan dengan suhu yang lebih rendah, uap itu akan mencair dan terbentuklah awan, molekul-molekul titik air yang tak terhingga banyaknya.
  • Apabila awan telah terbentuk, titik air dalam awan akan menjadi semakin besar dan awan itu akan menjadi semakin berat, dan perlahan-lahan daya tarikan bumi menariknya ke bawah. Hinggalah sampai satu peringkat titik-titik itu akan terus jatuh ke bawah. Hingalah sampai satu peringkat titik-titik itu akan terus jatuh ke bawah dan turunlah hujan.
  • Namun jika titik-titik air tersebut bertemu udara panas, titik-titik itu akan menguap dan lenyaplah awan itu. Inilah yang menyebabkan awan itu selalu berubah-ubah bentuknya. Air yang terkandung di dalam awan silih berganti menguap dan mencair. Inilah juga yang menyebabkan kadang-kadang ada awan yang tidak membawa hujan.

C.KLASIFIKASI AWAN
Pada tahun 1894, Komisi Cuaca Internasional membagi bentuk awan menjadi 4 kelompok utama, yaitu awan tinggi, awan sedang, awan rendah, dan awan dengan perkembangan vertikal.

1.Kelompok Awan Tinggi
Pada kawasan tropis, awan ini terletak di ketinggian 6-18 km, pada kawasan iklim sedang awan ini terletak pada ketinggian 5-13 km, sedangkan di kawasan kutub terletak pada 3-8 km.
Awan yang tergolong ke dalam awan tinggi adalah :

a.Awan Sirrus (Ci)

Awan Sirrus
  • Awan ini halus, dan berstruktur seperti serat dan bentuknya mirip bulu burung.Awan ini juga sering tersusun seperti pita yang melengkung di langit, sehingga seakan-akan tampak bertemu pada satu atau dua titik horizon
  • Awan ini tidak menimbulkan hujan.
  • Awan ini terdiri daripada halbor air yang terjadi disebabkan suhu terlalu dingin pada atmosfer.
  • Awan Sirus ini ditiupkan angin timuran yang bergelora. Awan ini berwarna putih dengan pinggiran tidak jelas.

b.Awan Sirostratus (Ci-St)

Awan Sirostratus
  • Bentuknya seperti kelembu putih yang halus dan rata menutup seluruh langit sehingga tampak cerah, bisa juga terlihat seperti anyaman yang bentuknya tidak teratur.
  • Awan ini juga menimbulkan hallo(lingkaran yang bulat) yang mengelilingi matahari dan bulan yang biasanya terjadi di musim kemarau.

c.Awan Sirokumulus(Ci-Cu)

Awan Sirokumulus

Awan ini bentuknya seperti terputus-putus dan penuh dengan kristal-kristal es sehingga bentuknya seperti sekelompok domba dan sering menimbulkan bayangan.

2.Kelompok Awan Sedang
Pada kawasan tropis awan ini terletak di ketinggian 2-8 km, pada kawasan iklim sedang terletak di ketinggian 2-7 km, sedangkan pada kawasan kutub terletak di ketinggian 2-4 km.
Yang termasuk dalam awan sedang antara lain :

a.Awan Altokumulus(A-Cu)

Awan Altokumulus

  • Awan ini kecil-kecil, tapi jumlahnya banyak
  • Awan Altokumulus berwarna kelabu atau putih dilihat pada waktu senja.
  • Biasanya berbentuk seperti bola yang agak tebal. Awan ini bergerombol dan sering berdekatan sehingga tampak saling bergandengan.
  • Tiap-Tiap elemen nampak jelas tersisih aantara satu sama lain dengan warna keputihan dan kelabu yang membedakannya dengan Sirokumulus.

b.Awan Altostratus(A-St)

Awan Altostratus

  • Awan Altostratus berwarna kekelabuan dan meliputi hampir keseluruhan langit.
  • Awan ini menghasilkan hujan apabila cukup tebal.
  • Awan-awan di atas terbentuk pada waktu senja dan malam hari dan menghilang apabila matahari terbit di awal pagi.

3.Kelompok Awan Rendah
Awan ini terletak pada ketinggian kurang dari 3 km, yang tergolong ke dalam awan rendah antara lain :

a.Awan Stratokumulus(St-Cu)

Awan Stratokumulus

  • Awan ini berbentuk seperti bola-bola yang seringg menutupi daerah seluruh langit, sehingga tampak seperti gelombang.
  • Lapisan awan ini tipis dan tidak menghasilkan hujan.
  • Awan ini berwarna kelabu/putih yang terjadi pada petang dan senja apabila atmosfer stabil.

b.Awan Stratus(St)

Awan Stratus

  • Awan ini cukup rendah dan sangat luaas. Tingginya di bawah 2000 m.
  • Lapisannya melebar seperti kabut dan berlapis.

c.Awan Nimbostratus(Ni-St)

Awan Nimbostratus

  • Bentuknya tidak menentu ddengan pinggir compang-camping.
  • Di Indonesia awan ini hanya menimbulkan gerimis.
  • Awan ini berwarna putih gelap yang penyebarannyaa di langit cukup luas.

4.Kelompok Awan Dengan Perkembangan Vertikal
Awan ini terletak antara 500-1500 m, yang tergolong dalam awan dengan perkembangan vertikal antara lain :

a.Awan Kumulus(Cu)
Awan Kumulus

  • Merupakan awan tebal dengan puncak yang agak tinggi. Terlihat gumpalan putih atau cahaya kelabu yang terlihat seperti bola kapas mengambang, awan ini berbentuk garis besar yang tajam dan dasar yang datar.
  • Dasar ketinggian awan ini umumnya 1000 m dan lebaar 1 km.

b.Awan Kumulonimbus(Cu-Ni)

Awan Kumulonimbus

  • Berwarna putih/gelap.
  • Terletak pada ketinggian kira-kira 1000 kaki dan puncaknya punya ketinggian lebih dari 3500 kaki. Awan ini menimbulkan hujan dengan kilat dan guntur.
  • Awan ini berhubungan erat dengan hujan deras, petir, tornado, dan badai.

Sedangkan berdasarkan bentuknya, Awan terbagi menjadi 3 yaitu :
  • Kumulus, yaitu aawan yang bentuknyaa bergumpal-gumpal dan dasarnya horizontal.
  • Stratus, yaitu awan yang tipis dan tersebar luas sehinga menutupi langit secara merata.
  • Sirrus, yaitu awan yang berbentuk halus dan berserat seperti bulu ayam. Awan ini tidak dapat menimbulkan hujan.


Nah demikianlah postingan kali ini, semoga dapatt bermanfaat bagi sobat semua. Terimakasih telah berkunjung ke softilmu.blogspot.com (blog sederhana yang berbagi ilmu pengetahuan. Terus mampir ya sob, jangan lupa bagi jempol sama komentarnya. 

23 komentar:

  1. Informasinya bagus dan lengkap... ijin share y...
    Terima kasih...

    Keep success...

    Daesri

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) boleh banget kalo mau di share
      kembali kasih karena telah berkunjung Daesri :)

      Delete
  2. Postingan yang menarik :D terus share postingan kaya gini gan!!! jangan lupa visit juga www.ipb.ac.id hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke insyaallah gan
      sipp pasti dapet kunjungan balik kok :)

      Delete
  3. Terima kasih Mas, sangat membantu postingannya. Jadi bisa banyak belajar lagi. Izin share ya, trims

    Keep post.
    Sukses slalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Masbro, Ok sipp deh, kalo bersedia di sertai link hidup ke blog ini ya

      Terimakasih :))

      Delete
  4. untuk klipping pr sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ,info ini byk membantu saya utk membuat assignment..

      Delete
    2. Mudah-mudahan bisa terus membantu gan :)

      Delete
  5. Sipp deh gan buat infonya bagus bener,infonya positif lagi thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh terimakasih Pujiannya gan
      Semoga bisa terus membantu :))

      Delete
  6. Anisa Soulisa1 May 2014 17:09

    thanks ya jd bsa ngebantu bkin makalah geografi nih.heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga Nilainya memuaskan :D

      Delete
  7. Makasih banget gan ^_^
    Sanagt membantu pekerjaan sekolah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Gan
      Semoga Tugasnya Lancar gan :D

      Delete
  8. maakasiiiih yaaaa...! tugas jdi mudah dehhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Gan

      Mudah-mudahan bisa terus bermanfaat ilmunya :))

      Delete
  9. Makasih atas ilmunya,,,
    membantu sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih juga atas kunjungannya gan :))
      Sangat senang rasanya bisa membantu :)

      Delete